Diduga Akibat Limbah, Ikan Mati dan Air Sungai Berubah Warna di Kemuning


Dibaca: 693 kali 
Senin,27 Januari 2020 - 21:49:29 WIB
Diduga Akibat Limbah, Ikan Mati dan Air Sungai Berubah Warna di Kemuning Ikan yang mati diduga akibat dari limbah yang tercemah di salah satu Sungai, Kecamatan Kemuning, Minggu (26/1/2020).
PASENGNEWS.COM, KEMUNING- Viral, Air Sungai di Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau berubah warna diduga akibat limbah. Beredarnya informasi tersebut meluas dijejaring sosial media pemilik akun Facebook yang bernama Deni Arta.
 
Dalam unggahan tersebut tampak Air sungai yang mengalir menjadi bewarna abu-abu, padahal sebelum nya air tersebut diketahui jernih dan digunakan sebagai bahan baku PDAM.
 
Kepala PDAM unit Selensen Deni Arta menduga bahwa sumber itu berasal dari aktivitas pembuangan air Galian atau mungkin Limbah dari Pabrik.
 
Aliran sungai yang menjadi sumber bahan baku untuk PDAM terpaksa diberhentikan sementara untuk beberapa hari. 
 
Kepala unit PDAM Selensen Deni Arta menyampaikan dalam video tersebut bahwa dampak dari dugaan limbah tersebut bisa membuat warga jatuh sakit, terlebih banyak anak-anak yang mandi dekat aliran tersebut.
 
"Tak hanya ini, kemarin air tersebut coklat, dan kadang jadi oren. sekarang warna nya abu-abu. Khawatir anak-anak yang mandi sungai tersebut bisa terkena penyakit," ungkap nya dalam unggahan tersebut
 
Menanggapi peristiwa tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Tantowi Jauhari saat dikonfirmasi pasengnews.com via aplikasi WhatsApp, ia mengatakan belum ada mendapat informasi.
 
"Saya belum tau, baru dapat info. nanti saya minta staf cek info ini, saya lagi di Rumah Sakit Awal Bros. Oang Tua sakit," ungkap nya.
 
"Staf DLHK saat ini sedang mencari informasi tentang hal tersebut," tambah nya
 
Camat Kemuning Azwizarmi melalui via telpon seluler saat dikonfirmasi awak media terkait adanya dugaan limbah tersebut. ia menyampaikan bukan dari Pabrik Sawit.
 
"Sudah kita gali informasi dan cek bahwa memang tidak ada dari Pabrik Sawit. kita sudah koordinasi dengan BLH dan mereka akan turun. tentu nya bersama pihak Kecamatan dan lintas terkait serta Masyarakat untuk proses penyelidikan,"Tegas Awzizarmi orang nomor satu di Kecamatan Kemuning tersebut.
 
Dirinya juga mengatakan pada media pasengnews.com akan menindak tegas bila nanti ada temuan sumber pasti nya dari mana.
 
"Kita akan tidak tegas dan laporkan, namun demikian saat ini kita belum bisa memvonis dari mana sumber nya. musim hujan ini memang air pada ngalir ke Sungai, tahun kemarin gitu juga. jadi hati-hati jangan terprovokasi, bisa jadi itu dari limbah galian" jelas Camat Kemuning Azwizarmi.
 
Dampak dari Limbah tersebut membuat ikan sungai pada mati dan mengapung di Air seperti yang diunggah beberapa foto oleh masyarakat.
 
Untuk diketahui, pihak DLHK Kabupaten Indragiri Hilir akan turun menggali informasi dan mengecek lokasi serta melihat secara langsung dari mana sumber nya berasal.
 
Reporter : Syaiful Islami
redaksi 
 

Loading...
Akses Paseng.News Via Mobile pasengnews.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya
Loading...
KANTOR PUSAT:
Jalan Datuk Bandar 46 RT 004 RW 003 Tembilahan, Kabupaten Inhil, Riau
Email Redaksi : pasengnews@gmail.com
Email Bagian Iklan : pasengnews@gmail.com
Phone : 0812-6703-4877
AVAILABLE ON :