“Ewako” Kata Pembakar Semangat Masyarakat Sulsel


Dibaca: 78 kali 
Selasa,22 Oktober 2019 - 21:40:47 WIB
“Ewako” Kata Pembakar Semangat Masyarakat Sulsel
Pada kesempatan kali ini penulis ingin sedikit membahas satu kata yang dijadikan slogan pembakar semangat dikalangan masyarakat Sulawesi Selatan. Kata Ewako, Rewako, Ehaoo adalah sebuah kata yang terdengar begitu asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. kata ini biasa kita dengar tak kala kita Menyebut Tim Sepak Bola yang berasal Sulawesi Selatan  PSM Makassar “ PSM EWAKO atau EWAKO PSM” lalu tahukah kita apa sih arti kata Ewako, rewako, Ehaoo itu Sendiri.?
 
Menurut Kamus Populer Inggris-Makassar, Indonesia-Makassar, kata rewako atau Ewako merupakan terjemahan dari kata ‘berani’ dalam bahasa Indonesia, dan ‘brave’ dalam bahasa Inggris. Keberanian masyarakat Bugis-Makassar tergambar dalam semboyan pelaut Bugis-Makassar “Sekali layar terkembang, pantang biduk surut ke pantai”.
 
Kata ewako sering  juga dikonotasikan negatif apabila kita tak dapat memahami makna sebenarnya dengan tepat. Ewako dapat dipahami hanya sebuah kata emosional dari seseorang yang menantang orang lainnya untuk beradu fisik (berkelahi).oleh karena  Untuk itu sebaiknya kita harus memaknai kata ewako dengan tepat.
 
Para supporter PSM sering memekikkan “Ewako PSM” ketika tim kebanggaannya berlaga di lapangan hijau. Kata tersebut telah berfungsi sebagai pembakar solidaritas masyarakat Sulawesi Selatan.Tidak hanya untuk mendukung PSM Makassar atau tim sepak bola, kata ewako dapat juga digunakan dalam memberikan semangat (dukungan) kepada individu lain atau kelompok dalam bidang atau hal yang lain.
 
Salah satu perspektif dalam memaknai kata ewako ialah dengan menggali dan menghayati nilai-nilai kultural masyarakat Bugis-Makassar itu sendiri. Paling tidak terdapat tiga hal yang sangat dijunjung oleh masyarakat Bugis-Makassar, Yakni siri’, pesse’, dan were’.
 
Siri’ merupakan sebuah sistem nilai sosio-kultural dan kepribadian, yang merupakan pranata pertahanan diri dan martabat manusia sebagai individu dan anggota masyarakat. Dengan kata lain, siri’ adalah pandangan hidup yang bertujuan untuk mempertahankan harkat dan martabat pribadi, orang lain atau kelompok, dan terutama negara.
 
Pesse’ atau dalam bahasa Makassar pacce’ secara bahasa berarti pedih, perih. Ini berarti pacce’ mengandung makna rasa iba. Pesse’ bisa juga diartikan sebagai rasa kemanusiaan yang adil dan beradab, yang menyalakan semangat rela berkorban, bekerja keras dan pantang mundur.
 
Were’ adalah kepercayaan pada diri sendiri yang teguh, bahwa hanya dengan ketekunan dan kerajinan yang dilandasi dengan kecakapan, kejujuran, kebenaran, ketegangan serta kesabaran, maka nasib seseorang atau sesama warga negara dapat diperbaiki. Kepercayaan pada diri sendiri ini tidaklah dapat dipisahkan dari kepasrahan dan pengandalan diri orang terhadap Tuhan.
 
Jadi sekarang sudah tahukan apa arti dari kata Ewako  yang sering di jadikan slogan oleh para Supporter PSM Makassar dalam mendukung tim kebangaannya saat bertanding.
 
Sumber: pemudabulobulo.blogspot.com

Loading...
Akses Paseng.News Via Mobile pasengnews.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya
Loading...
KANTOR PUSAT:
Jalan Datuk Bandar 46 RT 004 RW 003 Tembilahan, Kabupaten Inhil, Riau
Email Redaksi : pasengnews@gmail.com
Email Bagian Iklan : pasengnews@gmail.com
Phone : 0812-6703-4877
AVAILABLE ON :